Kamis, 18 Agustus 2011

SUPAYA BISA SOLAT MALAM

Sebagian dari kita mungkin ada yang terbiasa mulai tidur setelah larut malam atau hingga pagi hari. Ada saja alasannya untuk begadang, dari nonton tivi, facebookan, baca novel, chatting, kumpul-kumpul dan sebagainya. Kondisinya yang terjaga tidak menyadarkannya untuk memanfaatkan sepotong waktu yang istimewa, sehingga lewat begitu saja. Sungguh sangat disayangkan. Benarlah kata Al Hasan Al Bashry, "Saya tidak mendapatkan sedikit pun dari ibadah yang lebih berat daripada shalat di tengah malam." Adapun saya menulis catatan tentang sholat malam ini bukan berarti saya seorang ahli tahajjud, tetapi beginilah cara saya mengingatkan diri saya sendiri. Mudah-mudahan Alloh senantiasa menjaga saya dan memperbaiki amalan-amalan saya. Aamiin.

Tentang sholat malam, Alloh Ta'ala berfirman, "Dan pada sebagian malam hari hendaklah engkau sholat malam sebagai ibadah tambahan bagimu, mudah-mudahan Tuhan-mu mengangkatmu ke tempat yang terpuji." (QS AL ISRO':79). Dan dalam sebuah hadis Rosululloh shollallohu 'alaihi wa sallam bersabda, "Laksanakanlah sholat malam, karena sholat malam itu merupakan kebiasaan orang-orang sholih sebelum kalian, merupakan qurbah (mendekatkan diri) kepada Robb kalian, merupakan ampunan bagi kesalahan-kesalahan dan pencegah dari dosa." (HR. AT TIRMIDZI). Dan hadis-hadis lain yang membicarakan tentang keutamaan sholat malam sangat banyak.

Selain aktivitas yang melalaikan, tidur pulas juga bisa menjadi penghalang untuk menegakkan sholat malam. Berikut adalah faktor-faktor yang bisa membantu bangun malam, yang saya ambil dari kitab Mukhtashor Minhajul Qoshidin karya Ibnu Qudamah, terbagi menjadi dua, zhahir dan batin.

Faktor-faktor yang zhahir adalah:
1. Jangan terlalu banyak makan. Sebagian ulama berkata, "Hai orang-orang yang menghendaki jalan kepada Alloh, janganlah kalian makan banyak, sehingga minum banyak dan tidur banyak, lalu penyesalan kalian pun banyak."
2. Jangan membebani diri dengan pekerjaan-pekerjaan yang berat lagi banyak.
3. Jangan meninggalkan kebiasaan tidur siang, karena tidur siang bisa membantu bangun malam.
4. Jangan berselimut.

Adapun faktor-faktor batin yang bisa membantu untuk bangun malam adalah:
1. Membersihkan hati untuk tidak mengganggu sesama orang Muslim, membersihkan hati dari bid'ah dan berpaling dari urusan-urusan keduniaan yang sifatnya hanya pelengkap.
2. Ketakutan di dalam hati karena merasa harapannya akan pupus.
3. Mengetahui keutamaan sholat malam.
4. Yang paling penting adalah kecintaan kepada Alloh dan kekuatan iman, dengan suatu keyakinan bahwa apabila dia sholat malam, berarti dia bermunajat kepada Alloh, merasakan kehadiranNYA, sehingga membuatnya untuk terus-menerus bermunajat kepadaNYA sepanjang sholat malam.

Di dalam Shohih Muslim disebutkan Nabi shollallohu 'alaihi wa sallam bersabda, "Sesungguhnya pada malam hari itu ada saat yang tidak dilalui orang Muslim yang memohon suatu kebaikan kepada Alloh pada saat itu, melainkan Dia memberikan kebaikan itu kepadanya, dan yang demikian itu berlaku setiap malam."

Adapun begadang dan terjaga pada waktu malam tanpa mendirikan sholat malam adalah tindakan tercela, sebagaimana yang dikatakan dalam sebuah hadis. Disebutkan di dalam Ash Shohihain bahwa Nabi shollallohu 'alaihi wa sallam pernah bersabda kepada Abdulloh bin Amr, "Janganlah engkau seperti Fulan, yang biasa bangun malam namun tidak mendirikan sholat malam."

Mudah-mudahan Alloh memudahkan kita untuk melaksanakan sholat malam dan senantiasa istiqomah di atasnya. Aamiin yaa Mujiibas saailiin...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

*Memperbaiki diri adalah alat yang ampuh untuk memperbaiki orang lain*
Silakan berkomentar dengan sopan dan tidak bertentangan dengan syari'at.
Terima kasih.